Geotextile sebagai Media Stabilisasi Lereng
Harga Geotextile Woven Murah Berkualitas tinggi medan

Kondisi geografis lereng yang miring ini umumnya dapat dijumpai pada daerah perbukitan dan  wilayah bantaran sungai. Oleh karena itu, sebelum bangunan didirikan di atasnya, maka kondisi lereng atau tanah miring ini harus distabilisasi agas tidak terjadi longsorang selama umur bangunan. Dalam pemeliharaan stabilitas lereng yang baik, terutama pada area bantaran sungai, salah satunya perlu dibuat perkuatan tanah (reinforcement of earth) dengan menggunakan geotextile. Pada umumnya tujuan utama dari suatu stabilitasi lereng adalah untuk dapat memberikan kompetensi terhadap suatu perencanaan konstruksi yang aman dan ekonomis. Salah satu bentuk perkuatan ialah dengan menggunakan geotextile. Aplikasi geotekstil dalam hal perkuatan lereng yaitu dapat menambah stabilisasi lereng. Penggunaan geotekstil ini sebagai pengganti fungsi dinding penahan tanah  dirasa lebih mudah dalam pelaksanaan pembangunannya dan tidak mempunyai resiko besar bila terjadi deformasi struktur.

Faktor-faktor yang mempengaruhi stabilitas lereng sehingga mendorong terjadinya pergerakan lereng yaitu topografi, kondisi geologi (litologi dan struktur geologi), hidrologi, vegetasi, karakteristik tanah/batuan penutup lereng, gempa bumi dan iklim. Longsoran terjadi karena geseran tanah yang meningkat sudah tidak mampu lagi ditahan oleh tanah. Tegangan geser yang meningkat yang disebabkan oleh bertambahnya beban lereng (bangunan dan timbunan pada bagian atasnya), hilangnya dukungan lateral (pemotongan dan penggalian pada kaki lereng), perubahan muka air yang berbatasan dengan lereng yang berlangsung cepat (sudden draw down), meningkatkan tegangan lateral (celah-celah retakan terisi oleh air), dan akibat beban gempa yang terjadi.
Disamping itu, pada kondisi tanah tertentu, juga disebabkan karena kemampuan menahan geser oleh tanah yang semakin berkurang akibat infiltrasi air hujan ke dalam lereng, tidak terkontrolnya aliran air dalam drainase, gempa bumi yang menyebabkan tekanan air murni), pengembangan pada tanah lempung, pelapukan dan degradasi sifat kimia serta keruntuhan progresif karena melemahnya tegangan geser.
Geosintetik adalah suatu produk buatan pabrik dari bahan polymer yang digunakan dalam sistem atau struktur yang berhubungan dengan tanah, batuan dan rekayasa geoteknik lainnya. Material yang digunakan untuk pembuatan geosintetik umumnya dihasilkan oleh industri plastik seperti polimer, karet, fiber-glass, dan material alam  yang terkadang di pakai.

Buana Paksa Indonesia
Roofing Walling Clading and Insulation
jl sriwidodo utara 7 no 476
Blk.Kawasan Industri Candi
krapyak-Semarang
jawa tengah - Indonesia 50184
phone : 024-7626249
faximili : 024-7610394
email : info@buanapaksa.com 


Para ahli dibidang geosintetik, mendefinisikan geosintetik sebagai material yang umumnya berbentuk lembaran terbuat dari polimer sintetik, seperti Polipropolin, Poliester, Polietilen, dan sebagainya yang difungsikan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh konstruksi yang berkaitan dengan tanah. Dari berbagai jenis material geosintetik, jenis yang umumnya dan cocok untuk digunakan sebagai material perkuatan adalah jenis geotekstil dan geomembran. Hal tersebut disebabkan oleh formulasi material tersebut yang mempunyai kuat tarik yang cukup tinggi dan tingkat elongasi dan creep (rangkak) yang rendah. Geotekstil merupakan material lolos air atau material tekstil buatan pabrik yang dibuat dari bahan sintetis yang termasuk thermoplastic.





kota penjualan :
semarang, kudus, jepara, pati, rembang, lasem, blora, cepu, purwodadi, mranggen, kendal, demak, batang, pekalongan, pemalang, tegal, brebes, ungaran, bawen, ambarawa, temanggung, wonosobo, banjarnegara, purbalingga, purwokerto, cilacap, banyumas, kebumen, kutoarjo, purworejo, magelang, jogja, yogyakarta, yogya, wates, wonosari, bantul, sleman, klaten, dlanggu, solo, surakarta, boyolali, ampel, salatiga, sukoharjo, wonogiri, karanganyar, mantingan, ngawi, magetan, maospati, madiun, ponorogo, caruban, pacitan, purwantoro, sragen, seragen



semarang kudus jepara pati rembang lasem blora cepu purwodadi mranggen kendal demak batang pekalongan pemalang tegal brebes ungaran bawen ambarawa temanggung wonosobo banjarnegara purbalingga purwokerto cilacap banyumas kebumen kutoarjo purworejo magelang jogja yogyakarta yogya wates wonosari bantul sleman klaten dlanggu solo surakarta boyolali ampel salatiga sukoharjo wonogiri karanganyar mantingan ngawi magetan maospati madiun ponorogo caruban pacitan ungpurwantoro sragen seragen kediri jombang tulungagung jember mojokerto lamongan malang pasuruan surabaya tuban probolinggo paiton banyuwangi




 
distributor geotextile © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top